logo griya samudra
HUBUNGI TIM SUPPORT KAMI
0531 31300, 31500
Home > Arsip Promosi & Artikel Griya Samudra
Arsip Promosi & Artikel Griya Samudra

Tips & Info Berguna

SAMPIT - BAGAIMANA MENGATASI RETAK DINDING ?
13 January 2020.

Tembok retak? Jangan dibiarkan saja.

Selain karena tidak enak dilihat, tembok retak yang tidak segera diatasi bisa menyebabkan kerusakan lain yang dapat mengancam struktur hunian kamu. Kalau tidak segera diatasi, tembok retak akan merambat dan membuat celah di dinding, dan bisa menjadi sumber air hujan merembes. Supaya tembok kamu nggak makin retak, kamu harus tahu dulu penyebab terjadinya tembok retak.

Pada kebanyakan kasus, tembok retak terjadi karena karena plester tembok belum kering sempurna sudah dilabur dengan aci. Akibatnya, kadar air dalam plester tertutup oleh semen yang bersifat kedap air. Intinya, ketika melakukan acian, kamu harus perhatikan tingkat kekeringannya. Proses pengerjaan yang terburu-buru justru menimbulkan banyak kerugian.

Proses Mengatasi Tembok Retak Dengan Mudah

    1.Bersihkan dulu permukaan cat

    Sebelum memulai proses mengatasi tembok retak, kamu harus membersihkan dinding agar kamu bisa memulai langkah berikutnya tanpa harus terganggu. Gunakan lap kain basah dan usap permukaan tembok, pastikan paku dan jamur yang menghalangi proses perbaikan tembok sudah diangkat.

    2.Poles dinding dengan amplas

    Setelah membersihkan permukaan cat, gunakan amplas kasar hingga acian tembok terlihat. Kemudian, bersihkan lagi dengan lap basah agar debu terangkat dan tembok menjadi lembab.

    3.Gunakan wall filler di tembok retak

    Kalau kedua langkah tadi sudah dilakukan, kini saatnya kamu memperbaiki tembok. Gunakan semen khusus bernama wall filler dan oleskan di atas tembok retak, dan tunggu sampai material wall filler ini mengering sebelum melakukan langkah berikutnya.

    4.Oleskan cat plamir

    Untuk mengatasi tembok retak sampai tuntas, oleslah dinding dengan cat plamir. Berbeda dengan cat tembok biasa, cat plamir fungsinya bukan untuk mewarnai dinding, tapi untuk meratakan dinding dan menjadi dasar tembok sebelum diwarnai lagi dengan cat. Tahap ini penting untuk memastikan lapisan penutup tembok kuat dan tidak akan retak lagi.

    5.Finishing touch

    Tahap paling terakhir untuk mengatasi tembok retak adalah mengamplas dinding agar permukaannya menjadi lebih halus. Kemudian jangan lupa untuk lapisi lagi dengan cat agar dinding kembali terlihat mulus dan sempurna. Setelah membaca tips mengatasi tembok retak, semoga tembok retak di rumah kamu bisa tertutup dan kembali terlihat rapi. Selamat mencoba!

    Sumber : https://www.rukita.co/blog/cara-mengatasi-tembok-retak/

Artikel Lainnya

  • Kebiasaan Sepele tapi Penting di Musim Hujan
    Tips & Info Berguna

    13 March 2020. Hujan sering turun belakangan ini, akibatnya jalanan bertambah mace

  • Perlengkapan Saat Piknik Biar Hemat
    Tips & Info Berguna

    13 March 2020. Liburan mestinya menyegarkan pikiran, tapi terkadang bisa juga biki

  • first impression itu penting banget dan sangat berperan
    Tips & Info Berguna

    11 March 2020. Suatu momen itu hanya terjadi sekali, begitu pula dengan first impr