logo griya samudra
HUBUNGI TIM SUPPORT KAMI
0531 31300, 31500
Home > Arsip Promosi & Artikel Griya Samudra
Arsip Promosi & Artikel Griya Samudra

Tips & Info Berguna

Makna Dibalik Pernak-Pernik Tahun Baru Imlek
24 January 2020.

Perayaan ini selalu identik dengan pernak-pernik yang unik dan meriah. Selain pada perayaan Tahun Baru Imlek, pernak-pernik ini jarang dijumpai di tempat-tempat umum. Bagi yang bukan warga Tionghoa mungkin penasaran dengan apa maksud dari setiap pernak-pernik yang digunakan tersebut. Nah, kali ini kalian bisa mengenal makna dari setiap benda unik tersebut. Berikut beberapa pernak-pernik dan maknanya.

Tulisan Ucapan Selamat Tahun Baru Imlek

Apa sahabatgriya sering melihat tulisan ataupun gantungan yang bertuliskan “Gong Xi Fa Cai”? Pastinya akan sangat banyak sekali ditemui saat perayaan Tahun Baru Imlek. Nah, tulisan ini artinya adalah selamat mendapatkan rezeki.

Warga Tionghoa juga biasa memasang tulisan “Fu” yang artinya adalah bahagia. Tidak jarang juga tulisan “Fu” ini dipasang terbalik yang terbaca sebagai “Dao” yang bunyinya sama seperti kata “Dao” yang memiliki arti “tiba”. Ini tandanya bahwa warga Tionghoa mengharapkan datangnya kebahagiaan pada tahun yang baru ini.

Ada juga yang memasang tulisan Chun yang artinya musim semi. Tahun Baru Imlek juga biasa disebut sebagai Festival Musim Semi.

Sepasang Puisi (Dui Lian)

Dui Lian ini berisi harapan yang penuh kebahagiaan yang biasa ditempel di sisi kanan dan kiri pintu. Warga Tionghoa berharap untuk kehidupan yang lebih baik di tahun yang baru. Selain itu, Dui Lian ini juga sebagai tanda rasa suka cita warga Tionghoa dalam merayakan Tahun Baru Imlek.

Gambar Ikan dan Dewa Rezeki

Sahabatgriya pasti sering melihat lambang ikan ataupun gambar dewa rezeki dalam pernak-pernik perayaan Tahun Baru Imlek. Ikan diyakini sebagai lambang keberuntungan oleh warga Tionghoa. Selain itu,ikan juga sebagai makanan favorit mereka. Dalam Bahasa Mandarin ikan adalah “Yu” yang memiliki bunyi yang sama dengan “Yu” yang artinya “lebih”. Dewa rezeki adalah dewa yang mengantarkan rezeki untuk manusia dalam keyakinan warga Tionghoa. Kedatangannya sangat diharapkan agar warga Tionghoa mendapatkan rezeki yang berlebih di tahun yang baru.

Petasan (Bian Pao)

Pada mulanya petasan digunakan untuk mengusir hewan buas yang memakan manusia dalam keyakinan warga Tionghoa (Nian Shou). Hingga saat ini perayaan Tahun Baru Imlek masih lekat dengan pernak-pernik petasan. Warga Tionghoa yakin jika bunyi riuh petasan dapat mengusir makhluk halus dan ketidakberuntungan.

Barongsai Dan Singa

Singa melambangkan kegagahan, keberanian, dan keberuntungan. Warga Tionghoa hampir tidak pernah absen untuk menampilkan tarian Barongsai setiap kali perayaan Tahun Baru Imlek untuk mengusir ketidakberuntungan. Selain tarian Barongsai yang diperankan dengan kostum singa, warga Tionghoa juga biasa menempel sticker bergambar singa.

Lampion / Lentera Merah

Lampion atau lentera merah ini memiliki arti sebagai penerangan hidup bagi warga Tionghoa. Selain itu, ia juga bermakna persatuan, kebersamaan, keberuntungan, semangat, kebahagiaan dan juga bisnis yang lancar. Jadi, jangan kaget Squliners jika melihat banyak lampion digantung di rumah-rumah maupun ditempat umum pada saat perayaan Tahun Baru Imlek.

Gambar 12 Shio

Warga Tionghoa memiliki simbol hewan untuk tahun-tahun dalam astrologi penanggalan Imlek. Mereka akan mengganti gambar shio lama dengan gambar shio tahun yang baru.

Jeruk

Selalu ada jeruk dalam perayaan Imlek, iyaa tidak? Tahukah kamu jika jeruk dalam Bahasa Mandarin itu adalah “Ju” yang memiliki bunyi yang hampir sama dengan kata yang bermakna keberuntungan. Jadi, maksud dari adanya jeruk dalam perayaan Imlek itu adalah supaya keberuntungan selalu ada untuk warga Tionghoa.

Angpao

Siapa coba yang tidak mau mendapatkan Angpao. Angpao ini diberikan oleh seseorang yang lebih dewasa kepada anak-anak atau yang belum menikah. Namun saat ini, pemberian angpao juga bisa ditemukan dalam berbagai acara, contohnya pernikahan.

Ternyata banyak yaa Sahabatgriya pernak-pernik pada saat perayaan Tahun Baru Imlek. Sekarang Sahabatgriya sudah tahu kan arti dari tiap pernak-pernik tersebut. Pada intinya, pernak-pernik tersebut adalah tanda suka cita sekaligus pengharapan dari warga Tionghoa agar mendapatkan rezeki dan keberuntungan yang lebih baik di tahun yang baru. Let’s enjoy this Chinese New Year!

Sumber : https://squline.com/en/makna-pernak-pernik-imlek/

Artikel Lainnya

  • Kebiasaan Sepele tapi Penting di Musim Hujan
    Tips & Info Berguna

    13 March 2020. Hujan sering turun belakangan ini, akibatnya jalanan bertambah mace

  • Perlengkapan Saat Piknik Biar Hemat
    Tips & Info Berguna

    13 March 2020. Liburan mestinya menyegarkan pikiran, tapi terkadang bisa juga biki

  • first impression itu penting banget dan sangat berperan
    Tips & Info Berguna

    11 March 2020. Suatu momen itu hanya terjadi sekali, begitu pula dengan first impr