logo griya samudra
HUBUNGI TIM SUPPORT KAMI
0531 31300, 31500
Home > Arsip Promosi & Artikel Griya Samudra
Arsip Promosi & Artikel Griya Samudra

Tips & Info Berguna

Otak Perlu Nutrisi Agar Bekerja Optimal
03 February 2020.

Otak merupakan pusat keseluruhan tubuh yang tidak hanya memengaruhi fungsi organ-organ tubuh tetapi juga kesehatan mental. Seandainya jantung atau paru-paru berhenti bekerja selama beberapa menit, manusia masih bisa bertahan hidup. Namun jika otak berhenti bekerja selama satu detik saja, maka tubuh manusia akan mati. Itulah mengapa otak disebut sebagai organ yang paling penting dari seluruh organ di tubuh manusia.

Head of Product Marketing Dept PT CNI Chendra Tirto mengatakan hasil survei PBB tahun ini menyebutkan bahwa kemampuan berpikir dibanyak negara, khususnya negara berkembang, mengalami penurunan. Hal ini akibat dari kurangnya pemberian nutrisi otak di masa perkembangan anak dan saat dewasa. Padahal, otak meskipun beratnya hanya 2% dari berat seluruh tubuh, memerlukan 20% darah dari total seluruh darah yang ada di tubuh serta 50% dari seluruh kebutuhan energi tubuh kita.

“Oleh karena itu, konsumsilah makanan yang mengandung vitamin dan bergizi agar kebutuhan energi tubuh dan otak terpenuhi,” kata Chendra dalam keterangan pers.

Semakin sering otak dipakai semakin banyak kebutuhan energi bagi otak. Yang dimaksud energi di sini adalah zat gula (glukosa) dan oksigen. Di dalam otak terdapat neurotransmitter (penghubung antarsel otak) yang membutuhkan asupan nutrisi dan oksigen yang cukup agar otak dapat bekerja optimal.

Chendra juga menjelaskan, bahwa makanan pokok otak ada dua, yaitu oksigen dan nutrisi dari makanan. Nutrisi untuk otak didapat dari karbohidrat, protein, dan lemak sebagai bahan pembentuk sel otak yang sehat sekaligus sumber energi. "Nutrisi tersebut bisa didapat dari buah–buahan terutama berries, sayuran, kacang-kacangan seperti kenari, almond, chia seeds, dan juga kakao atau cokelat," tambah dia.

Semakin tinggi massa kakao semakin tinggi pula jumlah flavonol yang dikandungnya. Berdasarkan Encyclopedia of Healing Foods (Murray, Michael. Atria Books, 2005), cokelat yang baik dikonsumsi adalah Dark chocolate yang mengandung massa kakao minimal 70%. Cokelat susu (milk chocolate) biasanya sudah diformulasikan dengan susu tinggi lemak jenuh dan gula dengan jumlah berlebih.

Sumber : https://www.beritasatu.com/kesehatan/387713/pentingnya-nutrisi-agar-otak-bekerja-optimal

Artikel Lainnya

  • Kebiasaan Sepele tapi Penting di Musim Hujan
    Tips & Info Berguna

    13 March 2020. Hujan sering turun belakangan ini, akibatnya jalanan bertambah mace

  • Perlengkapan Saat Piknik Biar Hemat
    Tips & Info Berguna

    13 March 2020. Liburan mestinya menyegarkan pikiran, tapi terkadang bisa juga biki

  • first impression itu penting banget dan sangat berperan
    Tips & Info Berguna

    11 March 2020. Suatu momen itu hanya terjadi sekali, begitu pula dengan first impr