logo griya samudra
HUBUNGI TIM SUPPORT KAMI
0531 31300, 31500
Home > Arsip Promosi & Artikel Griya Samudra
Arsip Promosi & Artikel Griya Samudra

Tips & Info Berguna

Survival Kit Yang Perlu Di Siapkan Untuk Bertahan Hadapi Banjir
05 February 2020.

Tahun 2020 diawali dengan banjir yang melanda sejumlah wilayah di Jakarta dan sekitarnya. Bukan berita yang menyenangkan memang. Walaupun bukanlah perkara baru, bencana ini tentu sangat merugikan.

Genangan air yang melanda sejumlah wilayah membuat aktivitas terganggu. Bahkan bukan tidak mungkin, kepungan air banjir membuat kita terisolasi dan sulit memenuhi kebutuhan primer. Apalagi jika banjir datang dan kita nggak ada persiapan sama sekali.

Belajar dari pengalaman dan sebagai bentuk dari siap siaga banjir, ada sejumlah survival kit yang harus dipersiapkan untuk membantu kita bertahan saat banjir. Apa saja? Simak di sini.

1. Genset

Saat banjir mengepung area tempat tinggal kita, pemadaman listrik biasanya dilakukan untuk mengantisipasi hal yang tak diinginkan. Agar kita masih bisa mendapat daya, genset adalah hal yang bisa diandalkan. Siap sedia genset di rumah, sehingga di kala terjadi pemadaman, setidaknya kamu bisa memanfaatkan genset dengan optimal. Tapi jangan lupa untuk membuka ruangan agar asap genset tidak terkepung atau terendam di dalam ruangan yang dapat membahayakan jiwa.

2. Emergency lamp

Selain genset, emergency lamp adalah hal lain yang harus dipersiapkan. Hal ini penting untuk membantu memberikan penerangan di dalam rumah ataupun saat evakuasi banjir. Jika kamu tidak punya emergency lamp, senter atau head lamp adalah hal lain yang bisa menjadi sumber penerangan di kala banjir.

3. Powerbank

Pastikan kamu memiliki powerbank. Mengingat minimnya listrik di saat banjir menerjang, maka jangan sampai ponsel yang dimiliki kehabisan baterai. Dengan powerbank, kamu bisa terus mengisi daya ponsel sehingga kamu bisa tetap siaga dan memiliki alat komunikasi yang menghubungkan kamu dengan kerabat atau teman.

4. Jas hujan dan sepatu bots

Jas hujan dapat membantu pakaian tetap kering. Sedangkan sepatu bot dapat melindungi kaki dari air banjir kotor yang berpotensi menimbulkan ragam penyakit. Dengan menggunakan sepatu bot, setidaknya kita bisa tetap menjaga kesehatan diri di tengah terjangan banjir yang melanda.

5. Makanan instan dan air mineral

Jangan lupa untuk sedia makanan instan di tengah kepungan banjir yang melanda. Saat banjir, biasanya kita terjebak di dalam rumah hingga waktu yang tak bisa ditentukan. Untuk bertahan hidup, makanan dan minuman sangat penting sehingga kita tetap memiliki tenaga dan hidrasi tubuh tetap terjaga.

Jadi di saat musim hujan datang, mulailah untuk mempersiapkan sejumlah makanan cepat saji dan juga air mineral kemasan sebagai tindakan antisipasi yang dapat menjadi penyelamatmu di kala banjir datang.

Selain 5 hal di atas, masih ada sejumlah barang yang perlu dipersiapkan. Salah satunya adalah mempersiapkan tas emergency berisi pakaian bersih, obat-obatan, uang tunai, dan surat-surat penting yang disimpan ke dalam plastik kedap air.

Tas ini mempermudah kamu di saat banjir datang dan saat hendak mengungsi ke tempat yang lebih aman. Tanpa perlu lama bersiap-siap, cukup ambil emergency bag, dan kamu sudah siap untuk menyelamatkan diri bersama keluarga.

Sumber : https://www.blibli.com/friends/blog/survival-kit-siaga-banjir/

Artikel Lainnya

  • Kebiasaan Sepele tapi Penting di Musim Hujan
    Tips & Info Berguna

    13 March 2020. Hujan sering turun belakangan ini, akibatnya jalanan bertambah mace

  • Perlengkapan Saat Piknik Biar Hemat
    Tips & Info Berguna

    13 March 2020. Liburan mestinya menyegarkan pikiran, tapi terkadang bisa juga biki

  • first impression itu penting banget dan sangat berperan
    Tips & Info Berguna

    11 March 2020. Suatu momen itu hanya terjadi sekali, begitu pula dengan first impr