logo griya samudra
HUBUNGI TIM SUPPORT KAMI
0531 31300, 31500
Home > Arsip Promosi & Artikel Griya Samudra
Arsip Promosi & Artikel Griya Samudra

Tips & Info Berguna

Etika dan Dampak Makan Sambil Main Ponsel
17 February 2020.

Di era modern seperti sekarang ini, ponsel memang masih menjadi hal yang sulit untuk dilepaskan dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai contoh, kita kerap kali makan sambil bermain media sosial di ponsel kita. Meskipun terlihat sebagai hal yang sepele, hal ini ternyata bisa berdampak buruk bagi kesehatan kita.

Dalam sebuah penelitian yang hasilnya dipublikasikan dalam jurnal berjudul Trends in Food Science and Technology, disebutkan bahwa kebiasaan makan sambil bermain ponsel akan membuat kita lebih beresiko terkena masalah kenaikan berat badan. Tanpa diduga, kebiasaan ini ternyata akan membuat kita tidak bisa berkonsentrasi saat makan dan akhirnya makan dengan porsi jauh lebih besar dari seharusnya.

Dengan bermain ponsel saat makan, maka sinyal yang berasal dari perut menuju otak akan terganggu. Hal ini membuat otak tidak benar-benar mendapatkan pesan bahwa perut sudah kenyang dan kita pun akan terus mengunyah makanan meskipun sebenarnya porsinya sudah sangat berlebihan. Selain bermain ponsel, hal yang sama berlaku jika kita makan sambil menonton televisi, bermain komputer, atau membaca buku. Karena alasan inilah ada baiknya kita benar-benar menikmati makanan tanpa ada gangguan apapun sehingga bisa menjaga asupan makanan agar tidak berlebihan dan mengunyahnya dengan lebih baik.

Selain bisa membuat kita mengalami kenaikan berat badan, pakar kesehatan menyebutkan bahwa bermain ponsel saat makan bisa membuat kita meningkatkan resiko tersedak atau tidak menyadari jika makanan yang kita konsumsi dihinggapi lalat. Padahal, bisa jadi lalat yang hinggap pada makanan kita sudah membawa bibit penyakit.

Lalu sopankah bermain handphone atau gadget saat makan? Walau dalam panduan etiket makan atau table manner, sudah dijelaskan jika menggunakan handphone dilarang saat makan. Bahkan saat makan, sebaiknya handphone di silent (senyap) atau dimatikan. Handphone sebaiknya ditaruh di dalam tas atau kantong. Jika pun ada telepon sangat penting dan mendesak, maka orang tersebut harus ijin meninggalkan meja makan untuk menjawab telepon. Dan akan lebih baik lagi, menjawab telepon pun diluar tempat makan atau restoran.

Ada beberapa hal negatif yang saya kira didapat saat handphone digunakan saat makan. Beberapa hal ini mungkin hanya pengamatan sederhana saya. Namun bisa mewakili keprihatinan saya terhadap fenomena ini.

1. Mengurangi esensi enaknya makanan itu sendiri

Makan sembari handphone di tangan, saya kira sudah menghilangkan enaknya makan. Karena fikiran akan lebih terfokus ke handphone atau gadget yang dipegang. Seenak apapun makanan, jangan cuma dirasakan awal masuk menyentuh lidah saja. Tapi nikmatilah proses makan.

Walau makanan itu biasa saja atau sering kita makan, memfokuskan diri pada makanan akan lebih membuat kita bersyukur pula. Dan tentunya merasakan nikmatnya makanan itu sendiri.

2. Mengurangi kehangatan suasana makan

Terutama saat makan keluar bersama. Entah bersama teman dekat atau keluarga, momen ini janganlah tersia dengan makan sembari main handphone atau gadget. Sering saya lihat satu keluarga makan bersama. Tapi sayangnya masing-masing sibuk dengan handphonenya.

Lalu dimana kehangatan dan esensi makan keluar bersama? Tidak terjadi percakapan hangat antar anggota keluarga. Tidak ada tegur sapa atau tawa canda anggota keluarga. Semua digantikan dengan dunia maya dalam handphone mereka.

3. Menggangu orang lain yang melihat

Aktifitas ini bisa ditiru oleh anak yang kebetulan duduk dengan orangtuanya yang sibuk makan sambil mainkan handphonenya. Seolah kebiasaan ini wajar buat si anak. Atau mungkin, orang yang main handphone ini adalah korban dari contoh serupa. Seperti merokok, kebiasaan buruk karena masif dan banyak orang melakukannya, bisa menjadi kebiasaan wajar. Walau sejatinya, kebiasaan ini sedikit berdampak negatif. Mungkin di restoran mahal dan berkelas sudah ada papan himbauan membawa handphone saat makan. Atau acara gala dinner resmi seorang pejabat negara. Melarang membawa handphone saat makan tentunya sudah masuk protokoler.

Namun sepertinya himbauan ini tidak ada di restoran fastfood. Atau apalagi di warung makan sederhana di pinggir jalan. Banyak orang mungkin beralasan tidak tahu kalau hal ini buruk. Jadi bagaimana caranya memahamkan yang lain? Mulailah dari diri sendiri. Lakukan baik saat sendiri atau bersama-sama. Kebahagiaan makan tidak bisa digantikan dengan bermain handphone atau gadget. Ataupun, kelezatan makanan tidak akan berkurang atau bertambah dengan handphone di tangan saat memakannya. Semoga bermanfaat.

Sumber : https://www.kompasiana.com/girilu/54f68079a33311d87c8b4fdd/makan-sembari-main-handphonegadget-ga-banget?page=all

https://doktersehat.com/masih-suka-makan-sambil-mainan-ponsel-waspadai-dampak-ini/

Artikel Lainnya

  • Kebiasaan Sepele tapi Penting di Musim Hujan
    Tips & Info Berguna

    13 March 2020. Hujan sering turun belakangan ini, akibatnya jalanan bertambah mace

  • Perlengkapan Saat Piknik Biar Hemat
    Tips & Info Berguna

    13 March 2020. Liburan mestinya menyegarkan pikiran, tapi terkadang bisa juga biki

  • first impression itu penting banget dan sangat berperan
    Tips & Info Berguna

    11 March 2020. Suatu momen itu hanya terjadi sekali, begitu pula dengan first impr